Kamis, 11 April 2013

Anak Gemuk Punya Lubang Gigi Lebih Banyak

Koran Warta: KesehatanKoran Warta - Tahukah kamu kalau anak-anak yang mengalami kasus obesitas atau kegemukan yang berlebihan ternyata seringkali mengalami masalah lubang gigi? Pasti kamu bingung kan kenapa ? Ya kalau bingung berarti sama dengan saya, namun hal itu adalah benar adanya dan sudah dibuktikan oleh seorang peneliti dari Amerika Serikat. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 65 anak yang mengalami masalah lubang gigi di Amerika Serikat, ternyata hampir 28 % dari 65 anak tersebut mengalami masalah kegemukan atau obesitas. Jika dibandingkan dengan perkiraan rata-rata nasional untuk anak obesitas, angka tersebut 5% lebih tinggi dibandingkan dengan yang seharusnya.

Berdasarkan analisa dari Dr Kathleen Bethin dari University at Buffalo, sebenarnya, hubungan antara kasus obesitas dan lubang gigi ini disebabkan oleh pilihan nutrisi buruk pada anak. Salah satu faktor penyebab obesitas adalah konsumsi gula berlebih. Anak kecil pastinya suka untuk makan segala sesuatu yang berasa manis, seperti coklat, permen, dll. Gula yang masuk ke dalam tubuh memang akan diubah menjadi energi, namun tidak seluruhnya tentunya. Gula berlebih yang tidak diubah akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Lemak inilah yang akhirnya menyebabkan obesitas. Tidak hanya menyebabkan kegemukan, konsumsi gula juga berpotensi menyebabkan masalah pada gigi. Seperti yang kita ketahui, gula yang seringkali tersangkut pada gigi dapat menyebabkan lubang gigi.

Tentu saja kamu tidak ingin buah hati kamu mengalami masalah obesitas atau lubang gigi bukan? Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih nutrisi bagi buah hati anda. Konsumsi gula dan lemak secukupnya, jangan berlebih untuk menghindari terjadinya obesitas dan lubang gigi. Tentunya, sikat gigi secara teratur juga akan mengurangi resiko gigi berlubang.


(Koran Warta - #HiLo - Kesehatan)

0 komentar :

Posting Komentar